Senin, 14 Januari 2013

Manfaat Madu Untuk Kulit Yang Indah

Madu adalah cairan kental manis yang dihasilkan oleh lebah atau tawon dari nektar bunga. Madu menjadi terasa manis karena disebabkan oleh unsur monosakarida fruktosa dan glukosa. Meski mengandung kadar gula yang tinggi, tetapi keberadaan madu memiliki berbagai manfaat positif bagi tubuh.

Selain memiliki manfaat madu untuk kesehatan, madu juga sangat berkhasiat untuk kecantikan, baik untuk wajah, mengatasi jerawat, bahkan madu juga sangat bermanfaat untuk meredakan batuk yang dialami oleh seorang bayi. Khasiat madu memang luar biasa berperan untuk kesehatan dan juga kencantikan. Apa sajakah manfaat madu untuk tubuh? Berikut adalah penjelasannya yang bisa Anda lihat secara lengkap dibawah ini:

Manfaat Madu Untuk Kesehatan

Berikut ini adalah daftar khasiat dan manfaat madu bagi kesehatan tubuh manusia yang dimulai dari meredakan gangguan pencernaan hingga mengurangi rasa gatal.

1. Meredakan gangguan pencernaan
Dalam penelitian tahun 2006 yang dipublikasikan dalam BMC Complementary and Alternative Medicine, para peneliti menyimpulkan bahwa mengganti gula dengan madu dalam makanan yang diproses akan meningkatkan mikroflora dalam usus. Tetapi penelitian itu baru dilakukan pada tikus laboratorium.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh
Madu sangat kaya akan polifenol, jenis antioksidan yang membantu melindungi sel dari kerusakan radikal bebas, yang bisa memicu penyakit kanker dan penyakit jantung.

3. Menyembuhkan eksim
Jenis madu tertentu seperti Manuka mampu menyembuhkan penyakit seperti eksim. Manfaat madu untuk kulit rusak dan mempercepat regenerasi sel-sel kulit sebagai unsur yang terpenting dalam menyembuhkan eksim dan bentuk lain dari dermatitis.

4. Antiseptik
Madu memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang memberikan sifat-sifat penyembuhan. Sifat ini membantu mencegah pertumbuhan bakteri tertentu dengan memproduksi enzim-hidrogen peroksida sehingga madu dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan alami untuk mempercepat penyembuhan luka dan lecet.

5. Mengurangi gatal
Kandungan anti-inflamasi dalam madu terbukti membantu mengurangi rasa gatal dan iritasi akibat gigitan nyamuk.

Manfaat Madu Untuk Kecantikan
Selain bermanfaat untuk kesehatan, madu juga terbukti sangat berkhasiat untuk kecantikan diri. Apa saja manfaat madu untuk kecantikan? Berikut adalah keterangan selengkapnya:

1. Mengobati jerawat
Menurut penelitian awal, madu jenis Manuka dan Kanuka efektif mengatasi jerawat vulgaris, yakni gangguan kulit yang disebabkan oleh inflamasi dan infeksi folikel pilosebaceous di wajah, punggung, atau dada.

2. Anti Panu
Madu selalu terkenal karena sifat alami antioksidan yang memainkan peran penting dalam melindungi kerusakan kulit akibat sinar ultraviolet. Sering terpapar sinar matahari menyebabkan kerusakan kulit, penuaan dini dan bahkan kanker kulit. Madu dapat digunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

3.  Manfaat madu untuk kulit
Campurkan satu sendok teh madu dengan satu sendok teh minyak sayur dan seperempat sendok teh jus lemon. Ini merupakan campuran kondisioner alami. Untuk menggunakannya Anda bisa menggosokannya ke setiap bagian tubuh Anda yang kering. Biarkan selama 10 menit dan kemudian bilas.

4. Perlindungan bibir
Madu dapat digunakan untuk mengatasi masalah bibir pecah-pecah dan keriput, sehingga membuatnya lebih halus dan lembut.

5. Pelembab
Madu memiliki kualitas sebagai humektan sehingga sering digunakan sebagai pelembab dalam berbagai jenis kosmetik. Madu tidak hanya mengikat air tetapi juga mempertahankan kesehatan kulit dari dalam, sehingga tetap kenyal dan elastis, disamping juga melindungi kulit dari keriput dan kekeringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar